Mama’s Soil

Tanah Mama

2014 — 63 menit
ab
Editorial
Tanah Papua merupakan tempat yang begitu berjarak dengan daerah lain di Indonesia walaupun Papua terkenal dengan tanahnya yang subur dan sumber mineralnya yang melimpah. (*)
Sinopsis

Tanah Papua merupakan tempat yang begitu berjarak dengan daerah lain di Indonesia walaupun Papua terkenal dengan tanahnya yang subur dan sumber mineralnya yang melimpah. Ironisnya, Papua juga terkenal dengan kehidupan masyarakatnya yang miskin dan perempuannya yang rentan dengan kekerasan. Mama Halosina adalah tokoh sentral dalam film ini.  Seorang ibu, istri, dan perempuan Papua pekerja keras. Menghidupi diri dan empat anaknya yang ditinggal kawin lagi oleh bapak mereka, mama mengandalkan ubi dan sayuran hasil kebun. Bekerja seorang diri tanpa bantuan suami membuat ubi hasil kebun sendiri tidaklah cukup. Harapan akan dukungan keluarga suami berujung pada urusan denda adat yang harus dibayar mama di kampung. Mama berusaha menyelesaikan masalah denda itu, tapi kesulitan demi kesulitan harus dia lalui. Seperti ubi, tumbuh dan hidup dari tanah, begitu juga anak-anak, tumbuh dan hidup dari mama. (*)

Pemeringkatan Umur

13+

Bahasa Asli

Papua

Takarir

English

Detail Film

Warna

Warna

Suara

Stereo

Format Tersedia

Digital File

Resolusi Gambar

HD

Rasio Gambar

16:9

Negara Produksi

Indonesia

Provinsi Produksi

Papua Pegunungan

Rumah Produksi

Kalyana Shira Films

Tim ProduksiNia Dinata (Produser)Vera Lestafa (Penata Kamera)Aji Pradityo (Penata Gambar)Siska Asso, Vero Asso, Patricio Wetipo, Jeno Wetipo, Novlin Bukega, Tomas Hugi (Periset)Asrida Elisabeth (Penulis)
  • Ucu Agustin (Supervisi Produksi)
  • Sandie Elisabeth Monteiro (Co-Produser)
  • Wahyu Ismanto Dikromo (Paska Produksi)
  • Febby Gozal (Asisten Penata Gambar)
  • Patricio Wetipo (Asisten Penata Kamera)
Edisi Festival
  • FFD 2015 — Kompetisi | Dokumenter Panjang Terbaik
Foto Film
Gaya Dokumenter

Partisipatoris

Tertarik dengan film ini?

Segera hadir

Data film ada yang salah/kurang lengkap?

Ajukan Revisi

Catatan Pengelola

Pengklasifikasian film yang muncul di sini ditentukan oleh tim pengelola database FFD setelah film ditonton dan didiskusikan secara internal.

Apabila menurut Anda, selaku pembuat film di atas, klasifikasi serta data lain yang muncul pada halaman ini kurang tepat, silahkan ajukan revisi melalui tombol ‘Ajukan Revisi’ yang tersedia pada halaman film ini atau hubungi arsip@ffd.or.id dengan judul “Revisi Data – [Judul Film].