Nita sang Penarik Getek

2005 — 19 menit
a
Editorial
ita merupakan salah satu potret buram kehidupan kaum urban di Kota Medan. (*)
Sinopsis

Nita merupakan salah satu potret buram kehidupan kaum urban di Kota Medan. Ia harus rela melepaskan sekolahnya saat masih duduk di bangku kelas lima SD, karena harus bekerja membantu perekonomian keluarganya. Keluarganya yang hidup dari menjual jasa sebagai penarik getek (rakit penyeberangan) dan pengumpul botot (barang-barang bekas). Beban ekonomi keluarga ynag cukup berat menyebabkan Nita harus rela melepaskan masa kanak-kanaknya untuk ikut menjalani pekerjan sebagai penarik getek dan pengumpul botot. Di usianya ynag beranjak dewasa pun, Nita harus terus bekerja dan bekerja. Malah, cobaan pun datang silih berganti. Mulai dari ibunya yang didera penyakit tumor ganas, hingga (pada saat film ini dibuat) pamannya yang hidup serumah, meninggal dunia akibat menderita penyakit diare. Entah apa lagi cobaan yang akan diterimanya. Namun yang pasti, ia harus terus bekerja dan pasrah atas kerasnya kenyataan hidup. (*)

Pemeringkatan Umur

Bahasa Asli

Detail Film

Warna

Negara Produksi

Indonesia

Provinsi Produksi

Sumatra Utara

Rumah Produksi

Bitra Media Syndication

Tim Produksi
Edisi Festival
  • FFD 2005 — Kompetisi | Dokumenter Pemula Terbaik

Tertarik dengan film ini?

Segera hadir

Data film ada yang salah/kurang lengkap?

Ajukan Revisi

Catatan Pengelola

Pengklasifikasian film yang muncul di sini ditentukan oleh tim pengelola database FFD setelah film ditonton dan didiskusikan secara internal.

Apabila menurut Anda, selaku pembuat film di atas, klasifikasi serta data lain yang muncul pada halaman ini kurang tepat, silahkan ajukan revisi melalui tombol ‘Ajukan Revisi’ yang tersedia pada halaman film ini atau hubungi arsip@ffd.or.id dengan judul “Revisi Data – [Judul Film].