Story behind the Audience

Menonton Penonton

2014 — 21 menit
ab
Editorial
"Menonton Penonton" adalah sebuah film dokumenter mengenai sisi lain industri televisi. (*)
Sinopsis

Awalnya Ali hanya ingin bertemu dan foto dengan artis idolanya di “Dahsyat”, acara musik pagi hari. Tak hanya foto bersama, kini setiap pagi ia berangkat ke studio 1 RCTI untuk shooting. Ia bukan artis, pun bukan model. Ia seorang pelayan restoran seafood di bilangan Jakarta Barat. Layaknya artis, setiap hari ia muncul di acara musik pagi. Tugasnya sederhana, tepuk tangan dan meramaikan acara. “Lumayan lah bisa eksis di TV,” kata Ali mengenai kegiatannya. Mendatangkan Ali dan ratusan orang lainnya sebagai penonton setiap hari tentu bukan perkara mudah. Adalah Harsono, seorang koordinator penonton bayaran yang memulai usahanya beberapa tahun silam. Ia mengumpulkan orang dari wilayah Kedoya sampai Tangerang untuk muncul di TV setiap pagi dengan imbalan sejumlah uang. “Penonton Alay itu setengah publik figur,” jelas Harsono singkat mengenai para penonton bayaran. Dalam riuh tepuk tangan kemeriahan acara musik pagi ada Ali, Harsono dan ratusan penonton lain yang jauh dari gemerlap citra televisi. “Menonton Penonton” adalah sebuah film dokumenter mengenai sisi lain industri televisi. Sebuah usaha bertanya kembali apa makna muncul di televisi? (*)

Pemeringkatan Umur

SU

Sutradara

Ardi Wilda

Bahasa Asli

Indonesia

Takarir

English

Detail Film

Warna

Warna

Suara

Stereo

Format Tersedia

Digital File

Resolusi Gambar

HD

Rasio Gambar

16:9

Negara Produksi

Indonesia

Provinsi Produksi

D.K.I. Jakarta

Rumah Produksi

Ode Films

Tim ProduksiDidi Mugitriman, Erfina Oktaviani, Luhki Herwanayogi (Penata Kamera)Luhki Herwanayogi (Penata Gambar)Ardi Wilda, Shofi Awanis (Periset)
  • Roky Panditanegara (Penerjemah)
  • Dwi Kurniawan (Produser Unit Manajer)
  • Stefan Harmayu Toghas (Penata Musik)
Edisi Festival
  • FFD 2014 — Kompetisi | Seleksi Resmi
Rekam Jejak Festival
  • 2013 — UCIFEST – UMN Animation & Film FestivalOfficial Selection
Foto Film
Gaya Dokumenter

Partisipatoris

Tertarik dengan film ini?

Segera hadir

Data film ada yang salah/kurang lengkap?

Ajukan Revisi

Catatan Pengelola

Pengklasifikasian film yang muncul di sini ditentukan oleh tim pengelola database FFD setelah film ditonton dan didiskusikan secara internal.

Apabila menurut Anda, selaku pembuat film di atas, klasifikasi serta data lain yang muncul pada halaman ini kurang tepat, silahkan ajukan revisi melalui tombol ‘Ajukan Revisi’ yang tersedia pada halaman film ini atau hubungi arsip@ffd.or.id dengan judul “Revisi Data – [Judul Film].