Tentang

Program database merupakan program yang mengelola koleksi di FFD (Forum Film Dokumenter) yang berfokus kepada pengumpulan, penyeleksian, dan pengolahan film.

Koleksi film merupakan salah satu pilar dalam kerja-kerja film programming yang dilakukan oleh FFD. Bertambahnya koleksi film pada setiap tahunnya membuat pendataan dan pengelolaan koleksi film menjadi praktik yang perlu dilakukan secara berkelanjutan.

Selama 21 tahun, ratusan koleksi film FFD tidak banyak diakses oleh publik. Ketersediaan database yang terintegrasi dan mudah dijangkau menjadi vital sebagai upaya pendekatan koleksi dengan pengakses. Adanya pandemi yang mengharuskan banyak kegiatan beralih secara daring menjadi pemantik yang meningkatkan kesadaran penonton film atas kebutuhan menonton. Kini, film tak hanya dikonsumsi hanya sebagai materi hiburan tetapi juga sebagai media edukasi dan referensi.

Lokakarya Kritik Film, FFD 2017.

Tujuan

FFD percaya bahwa film merupakan karya seni yang langgeng dan memiliki relevansi terhadap isu, polemik, serta peristiwa dalam ruang-ruang masyarakat. Ketika film hanya diarsipkan untuk upaya pelestarian, nilai keberlanjutannya akan terkikis atau bahkan hilang. Oleh karena itu, upaya untuk membangun relasi antara film dengan publik merupakan hal yang penting dan genting. Melalui program database, FFD berusaha menghidupkan koleksi film dengan menekankan aspek partisipasi publik.

Di samping itu, ekosistem distribusi film dokumenter Indonesia yang belum terbangun dan hanya mengandalkan distribusi mandiri menjadi pemantik kesadaran FFD untuk menciptakan peluang kerja sama yang integral. Ruang kerja sama ini meliputi penggunaan koleksi film oleh Individu, Publik, Edukator, dan pembuat film sebagai media bahan ajar, riset, referensi, dan interaksi.

Tim Kerja

  • Michael A. Chandra

    Manajer Program
  • Michael Don Lopulalan

    Tim Program
  • Valencia Winata

    Tim Program
  • Nurrul Nelwan

    Tim Program
  • Yeni Ana Redita

    Tim Program
  • Muhammad Abduh Aziz

    Intern
  • Bagaskara Dwitya

    Intern