Dragons Beget Dragons

Anak Naga Beranak Naga

2006 — 61 menit
ab
Editorial
Tak banyak orang tahu bahwa Gambang Kromong adalah sebuah musik akulturatif berbagai etnis di Indonesia yang cikal bakalnya telah dirintis lebih dari dua abad lalu. (*)
Sinopsis

Tak banyak orang tahu bahwa Gambang Kromong adalah sebuah musik akulturatif berbagai etnis di Indonesia yang cikal bakalnya telah dirintis lebih dari dua abad lalu. Irama Gambang Kromong dengan tata laras Salendro Cina pertama kali diperkenalkan oleh orang-orang Tionghoa peranakan sebelum mengalami percampuran dengan budaya Jawa, Sunda hingga Deli, membentuk sebuah musik yang harmonis yang kini menjadi salah satu ciri khas Betawi. Berdasarkan kompleksitas musik Gambang Kromong itu sendiri, film ini adalah sebuah catatan humanis sekaligus puitis, musikal hingga komikal tentang musik dan budaya yang terpinggirkan (*)

Pemeringkatan Umur

SU

Bahasa Asli

Indonesia

Takarir

English

Detail Film

Warna

Warna

Suara

Stereo

Format Tersedia

Digital File

Resolusi Gambar

SD

Rasio Gambar

4:3

Negara Produksi

Indonesia

Provinsi Produksi

D.K.I. Jakarta

Rumah Produksi

Kineruku

Tim ProduksiAriani Darmawan (Produser)I Gusti Ketut Trisna Pramana, Joedith Tjhristianto (Penata Kamera)Yusuf Ismail, Fitrah Hardigaluh, Ariani Darmawan (Penata Gambar)Siskawati Setiawan (Penata Suara)Ariani Darmawan, Tarlen Handayani, Yenny Gunawan (Penulis)
  • Tarlen Handayani (Co-Produser)
  • Andro Saini, Secilea (Kordinator Produksi)
  • Novan, Pelan (Perekam Gambar)
  • Yustinus Ardhitya (Penata Artistik)
  • Mirna Adzania, Alexandra Crosby (Penerjemah)
    Edisi Festival
    • FFD 2006 — Kompetisi | Seleksi Resmi
      Foto Film
      Gaya Dokumenter

      Ekspositoris

      Tema

      Seni

      Mata Pelajaran Relevan

      Seni Budaya

      Mata Kuliah Relevan

      Seni Musik

      Film dalam set tema yang sama

      • The Art of Bob Sick

        Wahyu
        Saya ingin mengabarkan kepada masyarakat bahwa ada seorang seniman (seni murni) yang sudah banyak melalui proses kehidupan sebagai seorang seniman utuh, yaitu Bob Yudhita Agung yang mempunyai kepribadian yang sangat menarik. (*)
      • Children of Rapa’i Plok

        Nursalliya Ansari B.
        Ketika alat musik rapa’i asli dari kulit kambing tidak boleh digunakan, Munir dan teman-temannya mencari cara lain yaitu menggunakan kaleng cat sebagai pengganti rapa'i.
      • Panggung Kasetyan Balekambang

        B.W. Purba Negara, Fajar Nugroho
        Bercerita tentang kesetiaan para seniman kethoprak Balekambang Surakarta dalam mempertahankan seni tradisi di tengah arus besar pergeseran budaya yang terus berubah. (*)

      Tertarik dengan film ini?

      Segera hadir

      Data film ada yang salah/kurang lengkap?

      Ajukan Revisi

      Catatan Pengelola

      Pengklasifikasian film yang muncul di sini ditentukan oleh tim pengelola database FFD setelah film ditonton dan didiskusikan secara internal.

      Apabila menurut Anda, selaku pembuat film di atas, klasifikasi serta data lain yang muncul pada halaman ini kurang tepat, silahkan ajukan revisi melalui tombol ‘Ajukan Revisi’ yang tersedia pada halaman film ini atau hubungi arsip@ffd.or.id dengan judul “Revisi Data – [Judul Film].