The Drown Sea

Laut yang Tenggelam

2007 — 94 menit
a
Editorial
Akibat sedimentasi terus-menerus, Laguna Sagara Anakan yang terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Nusa Kambangan, mengalami pendangkalan. (*)
Sinopsis

Akibat sedimentasi terus-menerus, Laguna Sagara Anakan yang terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Nusa Kambangan, mengalami pendangkalan. Dari tahun ke tahun, luas Sagara Anakan kian menyempit, bentang alam pun berubah: tanah timbul terus bermunculan, membentang dan sebagian di antaranya menempel sepanjang Pulau Kambangan yang selama ini lebih dikenal sebagai “pulau penjara”. Masyarakat Kampung Laut yang hidup di sekitar Sagara Anakan yang merupakan masyarakat nelayan, sebagian di antaranya kemudian mulai beralih profesi menjadi petani: “nunut nandur” di tanah timbul yang dulunya adalah laut tempat mereka menyandarkan hidup. Di balik kecemasan akan pertanyaan, tanah timbul yang dulunya adalah laut tempat mereka menyandarkan hidup itu milik siapa, tak hentinya pula mereka berjuang demi mewujudkan sebuah harapan: tanah yang tadinya laut itu kelak akan bisa menjadi milik mereka.(*)

Pemeringkatan Umur

SU

Bahasa Asli

Indonesia

Detail Film

Warna

Warna

Suara

Stereo

Format Tersedia

DVD

Resolusi Gambar

SD

Rasio Gambar

4:3

Negara Produksi

Indonesia

Provinsi Produksi

Jawa Barat

Rumah Produksi

Komunitas Perfilman Intertekstual (KOPI)

Distributor

Komunitas Perfilman Intertekstual (KOPI)

Tim ProduksiYuslam Fikri Ansari (Penata Kamera)Yuslam Fikri Ansari, M. Syafari Firdaus (Penata Gambar)
  • Suherman (Perekam Gambar)
Edisi Festival
  • FFD 2007 — Kompetisi | Seleksi Resmi
Foto Film

Tertarik dengan film ini?

Segera hadir

Data film ada yang salah/kurang lengkap?

Ajukan Revisi

Catatan Pengelola

Pengklasifikasian film yang muncul di sini ditentukan oleh tim pengelola database FFD setelah film ditonton dan didiskusikan secara internal.

Apabila menurut Anda, selaku pembuat film di atas, klasifikasi serta data lain yang muncul pada halaman ini kurang tepat, silahkan ajukan revisi melalui tombol ‘Ajukan Revisi’ yang tersedia pada halaman film ini atau hubungi arsip@ffd.or.id dengan judul “Revisi Data – [Judul Film].