Mudik

2018 — 10 menit
ab
Editorial
Dengan gaya tutur yang sederhana, film ini memotret sebuah zaman mudik yang menggunakan pilihan yang kini telah dilarang pemerintah Indonesia: truk.
Sinopsis

Mudik menjadi peristiwa yang terjadi setiap tahun di Indonesia dan dilakukan sebagai perayaan menyambut Idul Fitri. Dalam peristiwa tahunan ini, orang-orang dari daerah tempat kerjanya berbondong-bondong pulang ke desa atau kampung halamannya. Banyak opsi yang tersedia dan dipilih, sedari kendaraan pribadi hingga kendaraan umum. Film ini mengikuti perjalanan sebuah keluarga di tahun 2018 yang melakukan mudik dari Jakarta ke Banjarnegara, Jawa Tengah dengan pilihan kendaraan berupa truk.

Pemeringkatan Umur

SU

Bahasa Asli

Indonesia

Takarir

English

Detail Film

Warna

Warna

Suara

Stereo

Format Tersedia

Digital File

Resolusi Gambar

Full HD

Rasio Gambar

16:9

Negara Produksi

Indonesia

Provinsi Produksi

Jawa Tengah

Tim Produksi
  • Andhika Rama Roostanto, Valentino, Muhammad Amin (Kru)
Edisi Festival
  • FFD 2018 — Kompetisi | Seleksi Resmi
Foto Film
Gaya Dokumenter

Ekspositoris

Tema

Politik & Pemerintahan, Manusia & Masyarakat

Topik

Populasi, Keluarga, Perjalanan, Tradisi, Transportasi

Mata Pelajaran Relevan

Sosiologi, Antropologi

Mata Kuliah Relevan

Antropologi, Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan

Film dalam set tema yang sama

  • Pasur (Pasar Sepur)

    Sarah Salsabila Shafiyah
    Pasar sebagai urat nadi perekonomian rakyat, akan tetapi kegiatan di pasar ini beresiko tinggi karena lokasinya berdampingan dengan rel kereta aktif.
  • The Unseen Words

    Wahyu Utami
    Meski tidak diuntungkan secara ekonomi, sebuah kelompok seni penyandang tunanetra membuat pementasan yang ditayangkan di situs web yang diharap memberi kebahagiaan bagi penontonnya.
  • Mefa Jai Jau Fanai Mera Tofong

    Erick Sutanto
    “Mefa jai jau fanai mera tofong” atau “jangan namaku disanjung tapi teruskanlah perjuanganku”. Renungan karir seorang pelatih atletik yang menggambarkan atmosfer kegiatan tim atletik di Kota Serui, Papua.

Tertarik dengan film ini?

Segera hadir

Data film ada yang salah/kurang lengkap?

Ajukan Revisi

Catatan Pengelola

Pengklasifikasian film yang muncul di sini ditentukan oleh tim pengelola database FFD setelah film ditonton dan didiskusikan secara internal.

Apabila menurut Anda, selaku pembuat film di atas, klasifikasi serta data lain yang muncul pada halaman ini kurang tepat, silahkan ajukan revisi melalui tombol ‘Ajukan Revisi’ yang tersedia pada halaman film ini atau hubungi arsip@ffd.or.id dengan judul “Revisi Data – [Judul Film].