Voice of Heart

Swara Kalbu

2018 — 16 menit
ab
Editorial
‘Swara Kalbu’ adalah usaha Lita Andiyani untuk merangkum suara hati yang terkendala komunikasi verbal dalam keluarga, terutama antara ibu dan anak-anaknya.
Sinopsis

Kasi Astuti adalah seorang pelaku seni yang mencintai karawitan sedari muda. Dengan semangat, ia turut tampil dan berlatih hingga larut malam hampir setiap harinya. Hal ini ditentang oleh keluarga, terutama anak-anaknya. Mereka khawatir terhadap ibunya yang setiap malam berkendara motor sendirian pulang-pergi untuk karawitan. Bagi anak-anaknya, ibunya seharusnya beristirahat di rumah dan menghabiskan waktu bersama anak-cucunya. Namun sebaliknya, Kasi Astuti melihat karawitan sebagai penghiburan dari rutinitas sehari-hari. Tidak hanya bermain musik tetapi juga berkumpul bersama teman-teman. Baginya, selama tidak merepotkan orang lain, ia seharusnya diperbolehkan melakukan salah satu hal yang digemarinya yakni karawitan.

Pemeringkatan Umur

SU

Sutradara

Lita Andiyani

Bahasa Asli

Indonesia, Jawa

Takarir

Bahasa Indonesia

Detail Film

Warna

Warna

Suara

Stereo

Format Tersedia

Digital File

Resolusi Gambar

HD

Rasio Gambar

16:9

Negara Produksi

Indonesia

Provinsi Produksi

D.I. Yogyakarta

Tim ProduksiFarah Aulia Ramdhani (Produser)Resti Aria Andini, M. Robby Chairuddin, Lita Andiyani (Penata Kamera)M. Robby Chairuddin, Lita Andiyani (Penata Gambar)M. Robby Chairuddin (Penata Suara)Lita Andiyani (Periset)
  • Lita Andiyani (Penerjemah)
  • Farah Aulia Ramdhani (Behind the Scene)
Edisi Festival
  • FFD 2018 — Kompetisi | Seleksi Resmi
Foto Film
Gaya Dokumenter

Ekspositoris

Tema

Seni, Manusia & Masyarakat

Topik

Musik, Hobi, Keluarga, Pertemanan

Mata Pelajaran Relevan

Antropologi

Mata Kuliah Relevan

Antropologi, Pendidikan, Sosiologi

Film dalam set tema yang sama

  • Aku Harus Sekolah

    Reza Pranata
    Film ini bertutur tentang sebuah representasi kondisi pendidikan di Indonesia yang masih begitu mahal bagi orang-orang dengan ekonomi lemah.(*)
  • The Dayak Iban Way of Farming

    Kynan Tegar
    Dokumenter etnografi mengenai budaya agrikultur petani Dayak yang malah dianggap merusak hutan oleh perusahaan pendatang.
  • Help is On the Way

    Ismail Fahmi Lubis
    Kisah tiga pekerja migran perempuan Indonesia yang saling berbagi pengalaman.
    Screenshot film Help Is On The Way

Tertarik dengan film ini?

Segera hadir

Data film ada yang salah/kurang lengkap?

Ajukan Revisi

Catatan Pengelola

Pengklasifikasian film yang muncul di sini ditentukan oleh tim pengelola database FFD setelah film ditonton dan didiskusikan secara internal.

Apabila menurut Anda, selaku pembuat film di atas, klasifikasi serta data lain yang muncul pada halaman ini kurang tepat, silahkan ajukan revisi melalui tombol ‘Ajukan Revisi’ yang tersedia pada halaman film ini atau hubungi arsip@ffd.or.id dengan judul “Revisi Data – [Judul Film].